Batman Begins - Help Select
All about Anime, Games, and many more

Pages

ChatBox

Review Spirit Stones

Review Spirit Stones – Puzzle RPG Dengan Sentuhan Card Battle

Review Spirit Stones – Puzzle RPG Dengan Sentuhan Card Battle
| 22/10/2013
Setelah mengetahui bahwa Gamevil mengeluarkan game baru berjudul Spirit Stones, yang merupakan Puzzle RPG dengan campuran Card Battle, saya langsung penasaran. Bagaimana mungkin itu bisa terjadi? Tentu saja satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan mencobanya.

Gameplay

Sebenarnya mekanik game ini sangat mudah untuk dimengerti. Walaupun menggunakan konsep turn-based RPG, namun kamu akan menyerang dengan menggunakan gameplay puzzle. Kamu cukup slide jari kamu di layar untuk menghubungkan 3 atau lebih sphere dengan warna yang sama untuk membuat karakter dengan warna yang sama menyerang. Total damage yang akan dihasilkan adalah attack power yang dimiliki oleh seorang karakter dikali dengan jumlah sphere yang berhasil kamu hubungkan. Jadi semakin banyak sphere yang terhubung maka semakin besar damage yang kamu hasilkan. Selain sphere ada juga faktor yang akan mempengaruhi game seperti bomb, healing potion, pedang, panah dan palu. Kamu akan menemukan berbagai macam item seperti ini seiring kamu bermain.
Sampai saat ini pasti kamu berfikir bahwa ini hanyalah tiruan Candy Crush atau Chuzzle dengan sedikit perbedaan di bagian RPGnya. Jika iya maka tunggu dulu. Ingat bahwa disini kamu juga mempunyai musuh yang dapat menyerang kamu. Dan jika kamu tidak berhati-hati dengan cara kamu menghubungkan sphere ini maka kamu akan berakhir dengan jalan buntu. Di game serupa kamu dapat memainkan dengan cara menghubungkan beberapa sphere untuk membuka jalan bagi sphere lain. Dalam game ini hal tersebut bukanlah ide yang bagus karena itu akan membuat giliran anggota party kamu yang lain menjadi percuma.

Untuk membuat game ini semakin menantang, kamu juga akan menemukan element card battle. Setiap pemain akan mempunyai sebuah susunan kartu. Setiap kartu merepresentasikan sebuah karakter yang masuk dalam salah satu kategori Warrior, Mage, Archer atau Thief. Kamu bisa memilih 4 kartu yang berbeda untuk membentuk sebuah kelompok. Kamu juga dapat menggabungkan kartu untuk mendapatkan karakter yang lebih kuat lagi.
Menurut Gamevil, game ini mempunyai 400 karakter yang unik dan ini berarti terdapat banyak sekali kombinasi untuk dicoba. Dan kamu juga tidak perlu khawatir tentang kehabisan stage untuk dimainkan karena game ini sekarang mempunyai 500 stages.
Pertama kali saya bermain, saya tidak tahu harus mengharapkan apa. Saya cukup payah di game card battle, jadi saya mengharapkan yang terburuk dari game ini. Nyatanya tidak begitu, game ini cukup menarik dan saya terpacu untuk membuat strategi yang lebih baik lagi setelah saya dikalahkan secara telak di game pertama saya. Yap, ini adalah game puzzle yang membutuhkan strategi dan saya pikir ini adalah hal yang seru.

Tapi sayangnya, saya menemukan beberapa masalah ketika bermain game ini. Pertama saya install di handphone saya namun terus menerus crash. Karena penasaran apakah ini gara-gara hardware saya mencobanya di tablet yang untungnya lebih baik, namun saya terus menerus diberi notifikasi bahwa jaringan internet saya kurang bagus (padahal baik-baik saja). Saya harus terus reconnect dan restart sepanjang waktu dan ini membuat experience gamingnya menjadi berkurang.

Presentasi


Seperti game card battle lainnnya, setiap kartu disini mempunyai design karakter yang berbeda. Tapi anehnya adalah walaupun karakter di Spirit Stones terbilang bagus, tapi tidak terasa uniform. Sebagai contoh beberapa design sangat detail, tapi karakter lain terasa tidak detail dan seperti kartun. Bahkan gaya pewarnaan juga berbeda. Saya mengerti bahwa kemungkinan besar grafisnya dikerjakan oleh studio yang berbeda namun saya percaya bahwa mempunyai sebuah gaya grafis yang uniform adalah faktor yang penting. Namun untungnya hal ini tidak mempengaruhi gameplaynya dan kemungkinan besar kamu juga tidak akan menyadarinya jika tidak saya beritahu :).
Untuk urusan layout, game ini terbilang mudah untuk digunakan. Menunya di atur dengan baik dan dikategorikan sehingga kamu tahu harus kemana. Tombolnya juga cukup besar dan mempunyai jarak yang bak sehingga kamu tidak menekan tombol yang salah.
Kualitas audionya cukup bagus dan memberikan suasana yang pas dengan genre gamenya. Yang mengejutkan adalah suaranya yang sangat keras walaupun sudah dikecilkan. Satu-satunya masalah yang saya hadapi adalah terkadang suaranya menghilang di tengah-tengah game seperti pada saat menggabungkan kartu.

Verdict

Spirit Stones adalah game yang cocok untuk pemain casual dan juga midcore gaming. Ada banyak quest dalam game ini sehingga kamu tidak akan dibuat bosan melakukan hal yang sama ketika bermain game ini. Karena di game ini kamu bisa bermain bersama orang lain maka game ini juga akan menarik bagi kamu penggemar game social. Saya akan menikmati game ini lebih lagi jika tidak ada masalah dengan jaringan dan audio. Saya tidak yakin apakah ini hanya terjadi pada saya saja atau juga dengan orang lain. Jika kamu menemukan solusi atau menghadapi masalah yang sama maka silahkan gunakan kolom komentar di bawah ini.

Download Spirit Stones Android 2.3 and higher. [45.5 MB][apk] Disini

Penulis: Unknown

Artikel Review Spirit Stones, diterbitkan oleh Unknown pada hari Saturday, November 2, 2013. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Unknown adalah Seorang Manusia yang selalu ingin menjadi lebih baik ,Karena Bila Anda berpikir Anda bisa,maka Anda benar. Bila Anda berpikir Anda tidak bisa, Anda pun benar… karena itu ketika seseorang berpikir tidak bisa, maka sesungguhnya dia telah membuang kesempatan untuk menjadi bisa

Post a Comment - Back to Content

Popular Posts

 
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Gunakan Google Chrome Atau Mozila Fire Fox Terbaru Untuk Melihat Tampilan Sempurna Blog Ini